Welcome - Sugeng Rawuh - Wilujeng Sumping

Pembaca yang budiman..

Silakan deh baca, komentar, follow di blog ini!!
Gak ribet kok, gak perlu ketik REG, gak perlu pake password, apalagi pake billing....

Mangga atuh gan...!

Jumat, 03 Agustus 2012

Singapore, Mimpi yang Terwujud #2 *be continued

Alhamdulillah catatan bagian yang pertama udah selese...
Sekarang waktunya lanjut gan untuk nyimakin cerita bagian yang kedua..


*langsung ke TKP

Setelah bersusah payah keluar dari Changi Airport yang maha besar, dan diselamatkan naek MRT gratis, penderitaan kami di first night of Singapore belum tamat.

Keluar dari stasiun Nicoll Highway, tujuan mau ke Key Point (stasiun tempat pemberhentian bus jurusan Kampung Rambutan - Leuwipanjang *loh? haha.. maksudnya jurusan Singapura - Malaysia), tapi kaga ketemu-ketemu deh.
*sebenernya maksud kami dari Singapura mau ke Malaysia tapi berhubung kejebak di Changi tadi, walhasil kami pun telat, karena jam operasional terakhir jam 23.00.

Kami pun bisa nemuin Key Point udah jam 23.40, suasana udah sepi, tapi yang pasti gak se-sepi Kotabumi... haha

Jadi gembel pun di mulai.. Kami dilanda kegalauan, bingung mau kemana. Gak ada temen, saudara, nginep di masjid kaga bisa. Mana udah laper, muka kusem banget (sejelek-jeleknya umat)... :D

Ngelanjutin perjalan adalah solusi terbaik, tapi kami jalan gak jelas.. daann kami pun nyasar di tempat hiburan (tempat karaoke, bar,.. dsb.), terus gw cari info dari orang-orang setempat. Ketemu deh ibu-ibu (dalam bahasa Singapura-nya, aunty-aunty) yang lagi nyapu.

Nah.. ini kesempatan buat gw untuk praktekkin bahasa Inggris gw lagi.
"Excuse mam.. good night", kata gw.
"Ya.. oke.. good night, too", jawab aunty ituh.
Singkatnya, terjadi deh percakapan antara kami. Ditengah-tengah obrolan gw coba ngomong pake bahasa Melayu, trus aunty-nya jawab pake bahasa Melayu juga *eh kampreett... aunty itu kaga bilang kalo bisa bahasa Melayu.. haha.. mulut gw udah ndower pake bahasa Inggris.

Info yang gw dapet dari sang aunty, ternyata tempat hiburan yang ada di deket kami itu, tempat hiburan yang gak bener, ada PSK-nya (Pencari Serangga dan Kalajengking) ada pickpocket-nye juga la... *alamaaakkk
Ya udah deh.. kami cari aman, geser dari situ dah.

Dengan ngelanjutin perjalanan sambil lapeeerr *tubuh seolah gak ada tulang lagi, lemes mau jalan... hehe lebay
Terhentilah kami di sebuh halte.. Pertanyaanya ada yang tau kami ngapain ? Ya.. kami pengen berbugil ria, biar narik perhatiann orang, siapa tau ada yang mau nolongin.. muehehehe *gilak ah


Kami istirahat dulu, ngambil nafas, sambil diskusi mau diapain perjalanan kami ini, mau pake sambel ? atau pake......
Kebetulan dideket situ ada 7 Eleven (Indomaret-nya Singapura), gw beli roti dulu deh *ganjel perut, juga beli minum *pelepas dahagaaa...
Abis belanja di 7 Eleven
Hasil rapat pleno kami adalah nyari hostel untuk nginep darurat *gw gak kepikiran bawa tenda untuk nginep darurat.. haha
Mas Nuril yang bawa buku panduan wisata Singapura, nyoba cari info hostel murah..
G4 Station pun nongol sebagai pilihan, langsung deh mas Nuril coba nelpon..diangkat, dan kami langsung tanya harganya.

Gak banyak cing cong lagi, kami cari taksi untuk ke hostel itu... Ternyata supirnya pun komunikatif banget, supir India, bisa bahasa Inggris dan Melayu, jadi cukup memudahkan kami.

Sampe deh di G4 Station..


Daaan... sampai lah kami di G4 Station yang ada di McKenzie Road. Terus langsung masuk deh ketemu resepsionisnya.. Anda pun maju sebagai juru bicara, ngobrol sama resepsionis pake bahasa Inggris. Harga per malam per orangnya pun 40 SGD *1 SGD nya Rp. 7230 per 25 Februari 2012, dan kami di kasih diskon, jadi kami bayar 32 SGD per orang per malem. Karena laen n suatu hal (gw juga lupa), akhirnya kami booking deh.

Lagi mau tidur.. Kira-kira itu bugil gak..? hehe
Pas masuk kamar, suasana langsung panas *serasa deket kompor.. haha
Sedikit ada selisih diantara kami karena itu harga hostel termasuk mahal *menurut gw, ya yang murah itu 16-18 SGD. Tapi karena kita udah dewasa, dan kamarnya juga udah kami tempatin... Mau gak mau deh kita nginep dengan berbesar hati, *walaupun masih tongkol, eh maksudnya dongkol karena harga yang mahal.. hehe

Kami pun istirahat dengan tenangnya, gw pun yang sebelum tidur, langsung mandi dan itu mandi di shower *horeee.. haha, dan bubu dengan nyenyaaaknyaaaa.. *kamseupay.. iyuuhh

Taraaaa... pagi harinye alhamdulillah udah seger, udah ngumpul semua energi, siap explore Singapura first day... dan di awali dengan gantian mandi satu persatu.

Kebetulan mas Nuril bawa mie instan (bukan mie Ayu Tingting itu loh... duuaaaaa.. haha), untungnya juga di hostel ada pantry sederhana, jadi bisa masak mie ala kadaarnya deh.. *lumayan ngisi perut pagi-pagi

Makan mie khas Indonesia... duuuuaaaa *loh?
Kejadian paling heboh pas di kitchen untuk sarapan (ternyata tarif 32 SGD udah termasuk breakfast). Gw yang liat makanan langsung keluar tanduk dari kepala.. haha

Gw liat roti setumpuk, langsung aja deh gw panggang 4 roti, gw campur selai bermacem rasa, terus ada biskut, gw ambil juga.. ada susu coklat *yang branded, juga gw seduh.. daaann gw makan paling lahap di antara mereka.. haha

Evil breakfast.. haha
Yang paling paraahh... gw masukin juga kopi sachet, biskuit, dan yang laen-laen ke tas gw (barang itu ada banyak, karena emang selalu di stock di kitchen).. haha *otak mafia

Pas mau check out, gw liat ada keranjang isi 4 apel dengan tulisan "Take one after breakfast", dalem hati gw bilang, "Pas banget deh ada 4 orang". Dengan sigap gw ambil 4 apel ituh. wkwkwkw

sesaat sebelum check out
[skip]

1st day dimulai dari MRT Little India ke MRT City Hall. Kami pengen liat patung Merlion yang kesohor ituuuhh...

Sebelum sampe di Merlion, kami ngelewatin mall-mall kereennn, salah satunya Esplanade Underground, terus di lanjutin liat bangunan yang bentuknye kayak duren, yaitu Esplanade Theater.. Gw pun sampe lonjak-lonjak kegaringan *kegirangan maksudnya, yang sebelumnya hanya gw liat di TV / internet, akhirnya liat secara nyata.

Parkiran di Esplanade Underground..

Esplanade sodare-sodare

Mulai deh sibuk foto-foto alay.. hehe
Abis Esplanade, jalan-jalan bentar... eh..ngeliat Art Science Museum, dan Marina Bay Sands yang glamour itu, dan alay-alayan pun kembali terjadi.. xixixi

Jalan dikit lagi.. eh kami udah sampe di Merlion Park..
"ya Allah.. maakk.. gw liat Merlion Park.." dalem hati gw.
Disana kebetulan lagi rame banget dan juga lagi terik-teriknya matahari, tapi panas matahari gak mempan, karena euforia Merlion... haha

Kiri ke Kanan : Anda, mas Nuril, gw, Aris
Kami pun kenalan dengan turis-turis asing, salah satunya cewek imut yang mungil dari Taiwan, terus foto bareng deh..*mulai deh... #iri yaa.. haha

ini dia turis Taiwan nya.. gimana ? mantap kan ? hehe
Ternyata di Merlion park pas hari itu juga di kunjungi banyak orang Indonesia. Aya mojang ti Bandung, mpok-mpok dari Jakarte, juga pemuda-pemudi dari Batam.

   
Capek foto-foto, kami ngaso dulu di Merlion sambil ngobrol-ngobrol dengan temen-temen dari Batam. Kata mereka, kalo orang Batam liburannya gak ke Jakarta atau Bali atau sebagainya, tapi malah ke Singapura.. *iya juga yaa..

Udah puas di Merlion, lanjuutt keliling-keliling CBD (Central Bussines District), daerah pusat bisnisnya Singapura, istilahnya kalo Jakarta SCBD (Sudirman Central Bussines District), terus ke mall-mall mewah, salah satunya City Link Mall.

Next.. kami ke Key Point lagi untuk iseng-iseng ngecek bus ke Malaysia. Setelah berembuk, karena harga tiket yang lumayan, dan uang makin tipis, akhirnya kami mutusin kaga jadi ke Malaysia.

[skip lagi]

Karena waktu udah Dzuhur udah lewat, kami nyari masjid terdekat. Ketemu deh masjid Hajjah Fatimah Mosque.

Nah.. pas masuk.. kami keheranan, kok ada rame-rame ? Ada acara apa ini ? Terus juga kok ada makan-makannya ?
*kebetulan pas itu gw lagi lapeeerrr banget, muncullah pikiran "Coba ya kami diajak makan.." #ngareepp

Gw sama Anda akhirnya masuk duluan untuk sholat duluan *mas Nuril & Aris lagi sibuk foto-foto diluar
Eh.. pas selesai sholat, pucuk dicinta ulam pun tiba *bener gak yah itu pepatahnya?..
Seorang bapak-bapak nyamperin kami, untuk ngajakkin makan. Gw sok nolak, sok-sok malu gitu deh...
*tapi dalem hati gw bilang "Horeeee.."

Kami pun gabung makan dengan seorang bujang. Setelah kenalan, namenye Fahmi, warga negara Singapura, keturunan India, employee, dan rumahnya deket dengan masjid.

Kiri ke Kanan : Anda, Aris, Fahmi, Gw
Kronologi makan siang :
Di kasih piring segede nampan *udah kayak mau nampi bawang, haha.
Terus dikasih nasi bertumpuk-tumpuk *ternyata nasi khas India, namanya nasi Briyani... sadaaapp
Baru deh disiramin kari/kaldu gitu, namanya Dhalca.
Sekilah mirip cincang *masakan Padang, ada daging kambingnya, juga sayur-sayuran.. rasanyaaaa... nendang banget. Kami pun sampe nambah.. hahaha

Setelah kenyang makan, ternyata ada minuman khas India, yaitu rose ice (es mawar). Entah terbuat dari sari mawar asli, atau pewarna, atau apalah.. tapi yang pasti rasanya... beehhh..
Mana pas itu lagi panaaas banget, gw sampe nambah deh... muehehe

Rose ice.. mantaapp
Otak mafia gw nongol lagi.... Kebetulan gw bawa botol kosong, jadi gw isi deh 2 botol dengan rose ice... haha
*silakan tiru di tempat lain kalo urat malunya udah putus :D

Usut punya usut, acara tersebut diadain 1 bulan 2x, atau sama aja 2 minggu 1x. Sebuah budaya Islam banget, yang mengajarkan untuk berkumpul, dan menyambung tali silaturahmi.

[skip]

Kenyang makan di masjid Hajjah Fatimah, lanjut deh jalan tapi gak jelas tanpa tujuan.. hehe
Ngelewatin sebuah jalan, dan di jalan tersebut ada sebuah pohon.. nah di pohon ada pamflet hostel murah 15 SGD. Kami pun tertarik untuk nginep disitu. Mas Nuril dengan sigap ngeluarin HP untuk nelpon reservasi itu hostel.

Hostel muraaahh


Alamat hostel ada di Upper Dickson Road, Little India, dan dalam waktu sekian menit kami udah sampe di sana. Langsung deh ketemu ownernya, Mr. Rizanuddin Johari. Beliau nganterin kami ke hostel dan nunjukkin ruangannya.

papan nama Little India

Suasana jalanan Little India
Gw kira ruangannya yang gimana gitu... ternyata eh ternyata, 1 bed bertingkat. Ukurannya kira-kira 3x1 meter. Karena termasuk murah *tapi fasilitasnya enggak banget.. hehe, dan males nyari hostel lain, kami sedikit terpaksa ngambil penginapan 2 malem.

[skip]

Sore harinye kami udah nongkrong kawasan terpadu (integrated resort) Marina Bay. Ngelewatin gedung-gedung tinggi, juga ngelewatin jalan terkenal Marina Way.

Yang bikin keren di jalan-jalan itu, ada tempat sampah yang mewah.
*kayaknya terbuat dari logam yang bagus punya, ditambah berlian Swarowski *loh? emang iklan arloji

Lanjut jalan dikit,kami ke tepi sungai Clarke Quay. Waaaawww... suasananya bikin relaks banget. Tenang, sunyi, adem banget liat pemandangan, yang bikin gw heran : ada suara musik instrumental dari pohon-pohon *musiknya semacam Beethoven gitu #mungkin di tiap pohon ada speakernya kalee yaa...

And i think that was a romantic place that i have ever found. Gw janji sama diri gw sendiri untuk bawa orang yang gw sayang, istri gw ke tempat itu.. hehehe *uuuhh co cweet.. #ada yang mau jadi istri gw ?

Jalan-jalan dilanjutin ke Marina Bay City Gallery, gedung yang penuh dengan informasi CBD, dan teknologinya meennn.. keren punya... maketnya aja elektrik, touch screen, pokoknya high tech deh.

Marina Bay City Gallery
Olympic Walk

Abis dari Marina Bay City Gallery, foto-foto dulu di Olympic Walk, n duduk-duduk di pinggiran Clarke Quay, sambil ngeliatin orang pacaran.. haha

Pemandangannya adem bangeett...

di tepi Clarke Quay


Makin malem, kami makin betah di Marina Bay. Kebetulan rezeki .. ada pertunjukkan di Clarke Quay, yaitu water dance. Sebuah pertunjukkan yang mane air diisep oleh mesin, n disemprotin lagi oleh mesin itu, terus ditembakkin laser ke semprotan air itu dari berbagai penjuru. Jadi deh.. water dance yang 'woooow'

Water Dance nya bro... keren gak ?

Gw aja terpesona abis dengan pertunjukkan yang berlangsung sekitar 20 menit itu. Saluuut deh buat pemerintah Singapura yang apik menata pariwisata untuk turisnya.

Dari water dance, lanjut nikmatin kemewahan Marina Square (Marina Bay Link Mall).. isinya meeenn produk/ brand terkenal dunia, Louis Vuitton, Gucci, Giorgio Armani, Swiss, Tissot, dan produk lainnya lengkap.. gw aja mau masuk sampe minder.. hehe

Selaen isi produk dunia, di  Marina Square (Marina Bay Link Mall) ada pertunjukkan lagi, yaitu spin water.
Pusaran air yang berputar di dalem sebuah cekungan. Juga ada pertunjukkan musik grup vokal asal Perancis, n musik instrumental dari cewek-cewek Rusia... Sadaap deh pokoknya.

Replika F1 di Marina Square
[skip]

Tau-tau eh kami udah sampe di Little India untuk balik ke hostel, tapi sebelumnye mau sholat dulu di masjid Abdul Gafoor. Nah.. di masjid ini dapet kenalan, yaitu Al Mamuun dari Bangladesh, yang lagi melakukan perjalanan spiritual. Dan setelah banyak ngobrol.. ternyata dia masih 25 tahun *tapi mukenye boros banget.. haha.. dan anggota Jamaah Tabligh.

di depan masjid Abdul Gafoor

Kiri ke Kanan : Gw, Al Mamuun, Aris, Anda
Abis sholat, kami nyari makan dulu di depan Si Lim Square. Ketemu deh restoran India muslim. Menunya banyaakk.. dan kami pilih Chicken Rice..

Chicken rice SGD 3,5

Chicken rice... lemaknyee.. *sluurp


Nah.. sambil nunggu dimasak, kami foto-foto dulu. Aris sebagai juru foto ngambil gambar beberapa kali, jepret sana, jepret sini. Dibelakang kami ada bapak-bapak, ibu-ibu berseragam kena kilatan blitz juga.

Kalian tau mereka siapa ?
Ya.. mereka orang-orang yang lagi arisan... *bukann.. haha
Mereka pejabat Indonesia yang lagi study tour.. eh maksudnya studi banding... *bukan jugaa.. :D

Mereka adalah polisi Singapura.. sialnya salah satu bapak-bapak dateng ke kami. Gw langsung gemeter n nelen ludah.. hehe
"nah.. apes dah ini.. mau diapain Aris ini ?", ngomong gw dalem hati.
Bapak-bapak itu pun ngomng dengan logat Melayu, "Kalian dari mane?"
Kami diem aja... hehe
Terus bapak itu bilang lagi, "Nak picture ape tadi?"
Kami pun jawab seadanya dengan bibir gemeter..

Singkatnya, bapak itu minta foto yang ada gambar dia-nya di apus. *raut mukanya, muka gak seneng gitu, ngomongnya juga dengan nada suara agak tinggi.
Ya kami turutin aja deh, daripada kami diperkosa... eh maksudnya dipenjara.. haha
*gw udah deg-degan, takut diapain gitu.. tapi untung Allah masih ngelindungin kami.. makaci ya Alloh :D

Daann... kami pulang ke hostel sambil ketawa-ketawa nginget kejadian di restoran tadi.
Sesampenya di hostel, gw langsung ngerebahin badan... dan tidur deh sampe ngiler-ngiler.. haha


-
-
-

Hari Pertama Selese

*be continued





2 komentar: